Jumat, 16 November 2012




Apakah anda pernah berpikir mengapa tanaman bewarna hijau? seperti yang terlihat, warna di dunia tanaman adalah hijau dan nuansa kehijauan. klorofil merupakan subtansi utama yang menghasilkan warna hijau. klorofil merupakan pigmen yang terkandung dalam kloroplas yang tersebar dalam sitoplasma sel tanaman. pigmen ini menyerap cahaya yang berasal dari matahari dengan sangat mudah, tetapi pigmen ini hanya memantulkan warna hijau saja. selain memberikan warna hijau untuk daun, proses ini menyebabkan terpenuhinya proses penting yang disebut `fotosintesis`.
Dalam fotosintesis, tanaman memanfaatkan sinar matahari, yang terdiri dari kombinasi warna yang berbeda. Salah satu sifat paling penting dari warna dalam cahaya matahari adalah bahwa tingkat energy mereka berbeda satu sama lain. Bermacam-macam warna inilah yang disebut spectrum. Sebagai contoh, yang diperoleh oleh pembiasan warna dalam sebuah prisma memiliki corak merah dan kuning di salah satu ujung, dan biru dan warna ungu di ujung lainnya. Warna dengan tingkat energy tertinggi adalah yang bewarna biru yang berada di akhir dari spectrum tersebut.
Perbedaan tingkat energy diantara warna-warna tersebut sangatlah penting bagi tanaman, karena mereka membutuhkan sejumlah besar energy untuk fotosintesis. Untuk alas an ini, selama fotosintesis, tanaman yang menyerap sinar matahari dari tingkat energy tertinggi berada di akhir spectrum ultraviolet, yaitu warna violet dan biru, sebagaimana warna yang mengarah pada inframerah (panas) di akhit spectrum, yaitu merah, jingga dan kuning. Daun melakukan semua proses ini melalui pigmen klorofil yang ada di kloroplas.
Untuk melakukan proses fotosintesis, tingkat energy partikel cahaya yang diserap oleh zal klorofil haruslah cukup. Proses fotosintesis dimulai saat tanaman, dengan energy yang diterimanya dari partikel cahaya, memecah molekul air menjadi molekul oksigen dan hydrogen. Hydrogen bereaksi dengan karbon dalam gas karbondioksida untuk membentuk getah tanaman yang sangat penting bagi tanaman untuk bertahan hidup. Dengan kata lain, tanaman memproduksi makanan sendiri. Oksigen yang tidak digunakan, dilepaskan ke udara. Sebagian besar oksigen yang kita hirup di atmosfer dihasilkan dengan cara itu.
Sebagian hasil dari proser fotosintesis, tanaman menghasilkan karbohidrat, salah satu sumber makanan utama bagi makhluk hidup lainnya. Zat yang dihasilkan selama fotosintesis sangat lah penting bagi tanaman diri sendiri maupun untuk hewan dan manusia, karena tanaman adalah sumber utama makanan dari semua makhluk hidup di bumi. Sebagaiman telah kita lihat, selain memberikan penampilan yang indah, warna hijau pada tanaman juga sangat penting bagi kelangsungan hidup bagi tumbuhan dan makhluk hidup lainnya. Allah Swt membuat klorofil sebagai pemberi makan untuk tanaman dan kelangsungan semua makhluk hidup lainnya. (Harun Yahya/ton)

0 Comments:

Post a Comment



By :
Free Blog Templates